Komunitas Berbeda Itu Biasa atau BIB menggelar aksi Takjil Kemanusiaan di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni.

 Paulina Gandhes, Koordinator BIB mengatakan hari lahir Pancasila menjadi pengingat untuk semua masyarakat Indonesia, bahwa negeri ini didasarkan pada Pancasila.
“Nah kemudian jadi reflektif pertanyaanya, sudah belum Pancasila teramalkan untuk Indonesia pada umumnya? Terkhusus aku dan lingkungan. Apalagi saat sekarang di mana gaung Pancasila tak terdengar, bahkan kadang diperdebatkan,” terang Gandhes, Minggu (4/6).
BIB membagikan takjil kepada seorang pengemudi Bajaj
Dia menegaskan bahwa BIB berusaha melakukan aksi meskipun tak besar, tetapi berdampak. Misalnya dengan berbagi takjil kepada sesama yang berpuasa tanpa melihat latar belakang mereka serta mengingatkan dan merayakan hari lahir Pancasila.
“Beginilah Pancasila, hangat dan nyata. Bertepatan dengan momen puasa umat muslim. Menghargai dan ikut merayakan ramadan bersama, terlebih BIB mengajak masyarakat lain untuk ikut serta join,” tuturnya.
Judul aksi Takjil Kemanusiaan diakui terinspirasi dari sila kedua dalam Pancasila yakni Kemanusiaan yang adil dan beradab. Tujuannya agar masyarakat semakin memahani makna kemanusiaan yang adil dan beradab. Gandhes menututkan ke depannya BIB akan semakin aktif di media sosial dan menyelenggarakan acara lain bertemakan pluralisme.
“Dalam waktu dekat, akan oprec [open recruitment] untuk anak muda usia 18-25,” tambahnya.
Penerima Takjil Kemanusiaan dari BIB
Sementara itu para peserta Takjil Kemanusiaan, Oktafianus Sandika (24) menyatakan hari lahir Pancasila menjadi momen masyarakat mengingat dasar atau pondasi bangsa. Menurutnya, cara menyuburkan pluralisme bisa dengan berbagi Takjil Kemanusiaan.
Senada dengan Oktafianus, peserta lain Tio Kasogih (24), juga mengatakan Pancasila adalah ideologi Indonesia. Selain ideologi bangsa Pancasila juga pemersatu.
“Salah satu cara nya seperti acara kemarin, berbagi kepada sesama. Tidak membeda-beda kan suku, ras dan agama. Takjil kemanusian yang dilakukan kemarin bagus untuk memupuk rasa peduli sesama,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *