Hai sobat BIB!
Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat, baik jiwa maupun raganya ya 🙂

Pada kesempatan kali ini, tim Berbeda Itu Biasa atau BIB akan menampilkan peta yang berisi sebaran penyelenggaraan donasi untuk menangani Covid-19, problematika dan gerakan sadar, serta kasus Covid-19 di tataran provinsi.Di sejumlah provinsi, tim BIB juga menampilkan gambar yang memuat tabel kebutuhan alat kesehatan beberapa rumah sakit yang datanya berhasil dihimpun.

Gerakkan kursor ke penanda dan klik untuk melihat rinciannya.

Untuk melihat rincian kebutuhan alat kesehatan pada rumah sakit di sejumlah titik, klik gambar di atas judul atau nama provinsi pada bagian paling kiri peta. Kalau tidak ada gambar, berarti tim BIB belum berhasil menghimpun data kebutuhan alat kesehatan di provinsi tersebut.

Untuk melihat rincian penyelenggaraan donasi dalam menghadapi dan mengatasi kasus Covid-19, teman-teman pembaca dapat mengklik tautan berikut:
https://s.id/rinciandonasihadapiCovid-19
Donasi-donasi di daftar tersebut sudah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh tim kami.

Peta ini dapat dibuat dengan dukungan:
1. Data termutakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (per 10 April 2020)
2. Penghimpunan dan pengolahan data oleh tim BIB
3. Tautan Github yang menjadi basis data lokasi
4. Berita-berita yang diterbitkan di situs kompas.id (teman-teman pembaca dapat mengaksesnya secara gratis dengan mengklik tautan klik.kompas.id/dirumahaja lalu masukkan kode KOMPASWFH). Sumber-sumber dari berita-berita dalam jaringan yang juga tercantum dalam peta ini
5. Berita-berita dan narasumber kami yang telah mengonfirmasi dan memverifikasi

Apa saja tujuan tim BIB membuat peta ini?
Agar kita dapat melihat secara jeli perbedaan problematika dan gerakan sadar terkait Covid-19 yang ada di tiap provinsi.
Agar kita bisa melihat sebaran kasus Covid-19 dan penyelenggaraan donasi terkait di masing-masing provinsi.
(Harapannya) agar kita bisa melihat sebaran kebutuhan rumah sakit-rumah sakit dalam menangani Covid-19 dan menghubungkannya pada donasi yang terselenggara.

Lantas, dengan melihat tiga hal di atas, kita bisa apa?
Semoga kita bisa merenungkan dan bergandengan tangan untuk bergerak semampu kita dengan semangat #rakyatbanturakyat . Bisa dengan membagikan pengetahuan ke orang-orang terdekat, menerapkan kebiasaan yang mendukung kesadaran akan kebersihan dan kesehatan, menolong tenaga medis, atau menolong kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Setiap provinsi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kini saatnya kita bergerak dengan cara yang paling sederhana namun sesuai dengan karakteristik kebutuhan daerah sekitar kita supaya kita bisa memenangkan perang melawan Covid-19 ini.

Yuk, #rakyatbanturakyat!
Semangat!

Salam,
Berbeda Itu Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *